Gelar Tifa Si 'P*nyer@ng' Jokowi Tak Diakui Kampusnya, DS: Bukan Lagi Dokter Tifa, Tapi Dokter Tifu

GREATINFOKINI.COM - Pegiat media sosial Denny Siregar turut berkomentar terkait dr. Tifauzia Tyassuma. Diketahui, dr. Tifauzia Tyassuma ata...



GREATINFOKINI.COM - Pegiat media sosial Denny Siregar turut berkomentar terkait dr. Tifauzia Tyassuma.

Diketahui, dr. Tifauzia Tyassuma atau dokter Tifa ikut memainkan isu ijazah Jokowi palsu.

Kolase: Presiden Joko Widodo menghadiri Forum Perekonomian Dunia (World Economic Forum) secara daring di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/1/2022), dan Dokter Tifauzia Tyassuma (Instagram @tifauziatyassuma). (Kolase Tribun Timur/ Sakinah Sudin)
Bukan soal isu ijazah palsu SD, SMP, dan SMA Jokowi seperti dimainkan Bambang Tri Mulyono, Dokter Tifa justru mempermasalahkan ijazah Jokowi di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dokter Tifa justru mempermasalahkan ijazah Jokowi di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Namun belakangan, justru Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara membantah memberikan gelar doktor bagi Dokter Tifa.

Kabar tersebut terungkap dari cuitan Prastowo Yustinus lewat akun Twitter @prastow.

Prastowo Yustinu mengaku sebagai Ketua Ikatan Alumni STF Driyarkara (IKAD).

Tampak Prastowo Yustinus memposting surat berisi Pengumuman terkait pihak kampus tak pernah memberikan gelar doktor kepada Dokter Tifa.

Tampak dalam pengumuman tersebut, dicantumkan artikel terkait sosok Dokter Tifa.

Salah satunya artikel Tribun Sumsel (Grup Tribun-Timur.com) yang menyebut Dokter Tifa menyandang gelar Doktor dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.

Hal tersebutlah yang dibantah pihak Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.

"Dengan ini kami menyatakan bahwa dr. Tifauzia Tyassuma tidak pernah mendapat gelar Doktor dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.

dr. Tifauzia Tyassuma hanya pernah mengikuti Program Matrikulasi Filsafat TA 2018/2019 di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara

Tetapi tidak selesai karena hanya bersangkutan tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen sebagai syarat kelulusan Program Matrikulasi.

Demikian pengumuam ini kami buat dengan sebenar-benarnya sesuai data adminstrasi kemahasiswaan Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara dan Pangkalan Data Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (PDDIKTI)," demikian isi pengumuman tersebut.

"Saya sebagai Ketua Ikatan Alumni STF Driyarkara (IKAD) meneruskan pengumuman pengurus STF Driyarkara.

Saudari ⁦@DokterTifa⁩ bukan lulusan Program Doktor STF Driyarkara sebagaimana diberitakan beberapa media.

Ybs pernah ikut Program Matrikulasi dan tidak selesai. Tks," tulis Prastowo Yustinus, Selasa (11/10/2022) pukul 9.37 malam, dikutip Tribun-Timur.com.

Denny Siregar lantas me-retweet postingan tersebut.

"Loh berarti nama beliau bukan lagi dokter tifa dong, tapi dokter tifu..," tulis Denny Siregar lewat akun Twitter @Dennysiregar7, Selasa, pukul 10.20 malam, dikutip Tribun-Timur.com.

Diberitakan sebelumnya, Dokter Tifa jadi sorotan lantaran ikut memainkan isu ijazah Jokowi palsu.

Lewat sebuah cuitan di akun Twitter @DokterTifa, Dokter Tifa membandingkan foto Jokowi pada saat diwisuda sebagai sarjana di UGM dengan foto terbaru Jokowi sebagai presiden.

Dokter Tifa menyebut bahwa dua foto tersebut sangat berbeda dan orangnya pun tidak sama, yang artinya ia menyebutkan bahwa yang diwisuda tersebut bukanlah Jokowi.

"Semoga Jokowi yg Presiden tdk pernah mengakui ini sbg foto wisudanya ya.

Sbg Dokter yg lulus matkul Anatomi 15 SKS pasti tahu, hidung, bibir & gigi di foto seblh kanan adl milik 2 orang yg berbeda.

KL pun Jokowi adl lulusan asli UGM, pasti punya foto wisudanya sendiri," tulisnya Dokter Tifa, Minggu (9/10/2022) pukul 10.03 pagi, dikutip Tribun-Timur.com.

UGM Pastikan Ijazah Jokowi

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D memastikan ijazah strata 1 (S1) yang dimiliki Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah asli.

 Ova juga memastikan Jokowi adalah alumni program studi (prodi) S1 Fakultas Kehutanan UGM.

Berikut penjelasan lengkap pihak UGM dilansir Tribun-Timur.com dari Tribunnews.com:

1. Jokowi Angkatan tahun 1980  

”Pertama, Bapak Ir Jokowi adalah alumni Prodi S1 di Fakultas Kehutanan UGM angkatan tahun 1980,” kata Ova dalam jumpa pers yang digelar pada Selasa (11/10).

Ova menjelaskan bahwa Jokowi dinyatakan lulus dari UGM pada 1985 sesuai dengan ketentuan dan bukti kelulusan sesuai yang dimiliki kampus.

Berdasarkan data dan informasi yang dimiliki UGM itu, Ova menegaskan keaslian ijazah sarjana orang nomor satu RI itu.

"Kami meyakini mengenai keaslian ijazah sarjana S1 Ir joko Widodo. Dan yang bersangkutan benar-benar lulusan Fakultas Kehutanan UGM," jelas Ova.

Ova mengatakan UGM memiliki bukti otentik kelulusan Jokowi.

"Bapak Insinyur Joko Widodo adalah alumni Prodi S1 di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada angkatan tahun 1980.

2. Lulus tahun 1985

Yang kedua Bapak Insinyur Joko Widodo dinyatakan lulus dari UGM tahun 1985 sesuai dengan ketentuan dan bukti kelulusan berdasarkan dokumen yang kami miliki," papar Ova.

3. Format memang beda karena tahun itu belum computerized

Terkait format penulisan ijazah S1 Jokowi yang ramai disorot karena dinilai berbeda dengan lulusan UGM lainnya, Ova memberikan penjelasannya.

"Sebelumnya memang pada waktu-waktu sebelum adanya computerized, itu penulisan ijazah itu menggunakan tulis halus, tulis halus," kata Ova.

Jokowi diketahui lulus pada 1985. Ova menyebut pada waktu itu belum ada penyeragaman dan format khusus ijazah.

"Memang waktu itu belum sampai ada penyeragaman, misalnya kalau sekarang ada formatnya khusus sehingga kadang-kadang memang ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Tapi kita tetap mempunyai dokumen aslinya," tutur dia.

4. Format Ijazah kelulusan sama dengan alumni Fakultas Kehutanan Lain  

Sementara itu, Dekan Fakultas Kehutanan UGM Sigit Sunarta, M.P., M.Sc., Ph.D, mengatakan ijazah yang diterima Jokowi pada 1985 sama dengan angkatan yang lulus pada tahun tersebut. Hal itu, kata dia, telah ditelusuri oleh Fakultas Kehutanan UGM.

"Menjawab masalah format ijazah itu khususnya yang berkaitan dengan Pak Jokowi antara satu fakultas dengan fakultas yang lain.

Kami sudah mencoba melihat mengenai format ijazah yang diterima Pak Jokowi dan teman satu angkatan dan kebetulan lulus pada saat yang bersamaan. Di mana di situ persis, jadi formatnya untuk Fakultas Kehutanan sama, ditulis dengan tulisan tangan halus," kata Sigit.

Sigit tidak mengetahui apakah ijazah Jokowi berbeda dengan lulusan dari fakultas lain pada tahun itu.

Namun dia menegaskan bahwa format ijazah yang diterima Jokowi seragam dengan lulusan Fakultas Kehutanan saat itu.

"Kalau untuk fakultas yang lain saya tidak mengetahui secara pasti. Tetapi kalau di Fakultas Kehutanan seragam," tutur dia.

Ova menjelaskan pihaknya merespons isu di media baik cetak, elektronik, media sosial, berkenaan dengan tuduhan oleh seseorang yang mempertanyakan ijazah milik Jokowi.

"Maka kami UGM tempat di mana Ir Joko Widodo pernah menempuh pendidikan menyampaikan atas data yang kami miliki dan terdokumentasi dengan baik kami meyakini keaslian ijazah Ir Joko Widodo. Yang bersangkutan benar lulusan Fakultas Kehutanan UGM," jelasnya.



S:tribunnews.com


Name

Berita,10766,Covid19,25,Entertainment,12,Health,1,Internasional,95,Jakarta,6,Kisah,4,Kriminal,9,Nas,1,Nasiona,5,Nasional,10650,Nasionl,1,News,23,Opini,28,Pilihan Editor,119,Pilkada Jabar,1,Politik,8,Tekno,3,Travel,2,Turn Back Hoax,1,Viral,9,
ltr
item
Greatinfokini.com: Gelar Tifa Si 'P*nyer@ng' Jokowi Tak Diakui Kampusnya, DS: Bukan Lagi Dokter Tifa, Tapi Dokter Tifu
Gelar Tifa Si 'P*nyer@ng' Jokowi Tak Diakui Kampusnya, DS: Bukan Lagi Dokter Tifa, Tapi Dokter Tifu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIbg1Z28cTX7WPGFPAr9zEIVXmQc7gmdeOPzdd9lTgcDNX-rlUG-HZxUWnCrwtSiCoxI9tb-y7BGWePE7nWtLcJSTd43L7JY-ZbtkWrEwzq3YzQH2vOnBGfnBlI2xsU-rdzx_wpaxlQHPdNkU68HZcdAFLv3PfuTvWp_z1uho1SBuu5SzneWoRldg8/w640-h356/Screenshot_2022-10-13-13-19-30-866_com.opera.app.newslite.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIbg1Z28cTX7WPGFPAr9zEIVXmQc7gmdeOPzdd9lTgcDNX-rlUG-HZxUWnCrwtSiCoxI9tb-y7BGWePE7nWtLcJSTd43L7JY-ZbtkWrEwzq3YzQH2vOnBGfnBlI2xsU-rdzx_wpaxlQHPdNkU68HZcdAFLv3PfuTvWp_z1uho1SBuu5SzneWoRldg8/s72-w640-c-h356/Screenshot_2022-10-13-13-19-30-866_com.opera.app.newslite.png
Greatinfokini.com
https://www.greatinfokini.com/2022/10/gelar-tifa-si-pnyerng-jokowi-tak-diakui.html
https://www.greatinfokini.com/
https://www.greatinfokini.com/
https://www.greatinfokini.com/2022/10/gelar-tifa-si-pnyerng-jokowi-tak-diakui.html
true
5068951247335521793
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy